Thursday, July 07, 2005

Dreaming, Hoping, and Praying

Sebuah posting yang panjaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaang sekali.

Mungkin ada yang bertanya-tanya, kenapa saya harus menuangkan ide kreativitas saya dengan menulis semacam ini, tulisan yang menurut anda bisa jadi dianggap hanya untuk konsumsi pribadi saya sendiri, atau anda sekedar ingin mengintip keseharian saya yang sebenernya gak jauh berbeda dengan anda semua, atau bisa jadi tulisan-tulisan saya disini benar-benar berarti atau sama sekali tidak berarti buat anda sekalian.. there’s no problem..

Saya menulis disini atau tidak menulis disini memang sedikit mempengaruhi jalan hidup saya (oh ya?), memang bakal ada banyak tanggapan, kritikan, cacian, makian, hinaan, pujian, yang mungkin akan saya dapatkan ketika saya menulis disini, menulis kehidupan saya.. mungkin da yang nanya ngapain juga sih saya mengekspos kehidupan diri sendiri, nulis sesuatu yang mungkin sama sekali ga da manfaatnya buat yang baca, atau ada juga yang berpikiran lain tentang diri saya yang berbeda dengan apa yang dia kenal ketika melihat gaya tulisan saya yang terkadang “asal”, atau ada juga yang menganggap saya masih belum bisa bersikap semestinya, bersikap dewasa dan bijaksana ketika saya mengalami sesuatu hal atau kejadian tertentu. Lantas apa bedanya kalau saya tidak menulis? Mungkin hidup saya akan menjalani hidup seperti biasa, meskipun banyak kejutan-kejutan.. tapi tak ada seorang pun yang tahu sisi lain hidup saya dan saya sendiri setidaknya saya dapat mengintrospeksi diri dari perjalanan hidup saya yang terekam disini yang bisa dibaca oleh siapapun.. janji-janji dan komitmen saya untuk hidup semestinya menjadi pemicu saya untuk berbuat lebih baik lagi..

Ya, saya tidaklah terlalu cerdas untuk dapat membuat tulisan-tulisan ini menjadi bermutu dan menggugah anda sekalian, tapi izinkanlah saya disini untuk belajar.. karena apapun yang saya lakukan disini hanya semata-mata untuk belajar, mensyukuri karunia Allah yang diberikan kepada saya berupa Ilmu pengetahuan maka apapun yang terjadi insya Allah saya akan tetap menulis, gak hanya sampai disini, karena saya punya impian untuk dapat membuat sebuah buku, mewujudkan cita-cita saya dalam mencerdaskan kehidupan bangsa ini, bermanfaat bagi bangsa ini, minimal bermanfaat untuk saya sendiri, teman-teman saya, keluarga, dan masyarakat di sekitar saya..

Nah, jadi apa bedanya dengan menulis?? Yang pasti kreativitas dan pematangan diri ini semakin terasah sedikit demi sedikit, Insya Allah.. karena saya akan selalu mengintrospeksi diri saya melalui rentetan peristiwa yang pernah saya alami dulu, dan merenungkannya.. seperti pada malam ini...

Saya hanya ingin saya selalu sadar dan tahu akan ketidaktahuan saya, bahwa saya adalah orang yang penuh dengan kekurangan dan senantiasa ingin belajar dari setiap detik kehidupan yang berjalan..

Bahwa saya ingin sekali dapat mensyukuri segala nikmat yang Allah telah diberikan kepada saya, tidak mengeluh ketika sedang kehilangan.. dan saya sadari bahwa sangat sulit untuk melakukan

Bahwa saya ingin untuk tetap berkomitmen pada kata-kata saya, melaksanakan apa yang saya katakan, tidak mengatakan meskipun tahu bukan karena menutupi kebenaran melainkan karena malu belum mampu untuk berbuat.. maka lebih baik diam dengan bersikap dalam hati kita meskipun hal tersebut merupakan selemah-lemahnya Iman, daripada dengan nyata-nyata melanggar kata-kata yang pernah saya ucapkan..

Bahwa saya akan berusaha untuk lebih sering mendengar daripada berbicara, lebih sering melihat daripada hanya sekedar mendengarkan, lebih sering berbuat daripada sekedar melihat, dan lebih sering mengamalkan daripada hanya sekedar berbuat.. yang akhirnya adalah sebuah pengamalan yang dapat sampai diteladani oleh sesama..

Maka saksikanlah harapan saya ini Ya Allah..

Kawan, Saya ingin lebih mengerti akan kedewasaan, Bahwa saya tak semestinya berkeluh-kesah panjang atas peristiwa yang kurang menguntungkan yang terjadi pada diri saya, hanya sekedar peluapan emosi semata, karena semestinya saya dapat membagi kebahagiaan dengan teman-teman saya.. dapat memberi semangat kehidupan baru buat mereka. bahwa saya sudah tak semestinya memberi masalah untuk orang tua saya sehingga mereka turut memikirkan masalah saya pula.. bahwa sekarang ini saya justru ingin lebih memikirkan dan membahagiakan mereka sebagaimana mereka telah mencurahkan kasih sayangnya kepada saya.

Kawan, Terkadang hidup ini terasa begitu mudah untuk dijalankan, namun terkadang pula begitu berat untuk dipikirkan,

Kawan, Kita gak pernah tau perjalanan waktu kita akan sampai dimana, hingga sampai suatu ketika mungkin teman terdekat kita sekarang berubah menjadi musuh atau saingan yang akan menjatuhkan anda, atau saat-saat dimana tidak ada satupun yang meringankan kesulitan kita.. maka saat itulah diperlukan kepercayaan diri yang kuat akan kemampuan diri, berlatih menghadapi kemandirian dan menghindari ketergantungan, bahwa hanya kekuatan dari diri kita sendirilah yang benar-benar bisa dipercaya untuk menentukan arah pilihan hidup kita kedepan..

Kawan, sebesar apapun masalah yang kamu sedang hadapi hari ini, terimalah dengan ikhlas, karena ini adalah ujian dariNya untuk membuktikan seberapa tangguh kita bisa bertahan dengan cobaanNya, atau terimalah ini sebagai sebuah teguran dari Allah atas kesalahan-kesalahan yang pernah kita lakukan. dan Allah tidak akan menguji hambaNya melainkan sesuai dengan kemampuannya. Bersyukurlah, karena kita masih diberikan kesempatan untuk hidup dan melewati tantangan-tantangan yang akan menguatkan jiwa-jiwa kita..

Apapun yang saya renungkan malam ini semoga dapat menyadarkan hati saya dari bermacam-macam kekeliruan..

Hmm.. nampaknya posting kali ini sangat lebih berbeda dari posting-posting sebelumnya .. bisa jadi untuk kali ini saja saya menulis seperti ini atau entah keesokan hari justru saya masih bisa menulis lebih baik dari sekarang ini. Semoga..

And my trust is never change… will my dream is being come true? hopely.. oleh karena itu di akhir posting ini gw ingin mencanangkan beberapa resolusi bagi gw sendiri, sebagai bagian dari proses perbaikan diri. Bulan depan.. eh bulan ini dong.. saya berjanji akan: (tolong ya semua menjadi saksi.. ) –nb: resolusi ini sebagian merupakan inspirasi dari nikiwisa.blogspot.com-

  • Makan tepat waktu biar gak kena maag, dg porsi secukupnya.. ingat fakir miskin!. usahakan berpuasa minimal senin-kamis,
  • Berusaha untuk tetap hemat… meskipun pengeluaran lagi gede-gedenya, siasatin tuk tetep kreatip mengatur pembelanjaan negara..
  • Fokus pada tujuan dan mencatat ide-ide yang terlintas di kepala..
  • Memenuhi janji dan menepati waktu dengan datang 10 menit sebelum waktunya, merubah janji maksimal 24 jam sebelumnya (tergantung kondisi)
  • Jam 9 - 10 malam udah mulai berangkat tidur, sekalipun mo bangun lagi malemnya.. so, rajin tahajud dunk..
  • Bangun subuh solat berjamaah dan gak tidur lagi, gak baek.. malu ma ayam..
  • Donor darah kalo da kesempetan.. siapa tahu bisa masuk surga..
  • Makan buah dan minum juice minimal seminggu sekali untuk menjaga keseimbangan pencernaan.
  • Menjaga kebersihan gigi dan mulut, selalu menggosok gigi dan mencuci kaki serta membaca doa sebelum tidur.
  • Menghindari begadang selama hari kerja.. biar performance dan profesionalitas siang hari tetap terjaga!
  • Meninggalkan hal-hal yg mudharat spt maksiat dan bergaya hidup hedonis.. biarin aja kalau teman-teman pada hedo.. ingat korban gempa dan tsunami Aceh!
  • Telpon or minimal SMS ke rumah kalo lagi ada dimana-mana,.. standard anak berbakti..
  • Menjaga hubungan baik dg sahabat-sahabat lama n mantan pacar supaya mereka gak dendam, kalau ada..
  • Tidak lagi mempermainkan perasaan orang.. kasihan orangnya..
  • Tidak sibuk menuntut orang utk mengerti.. tapi berusaha lebih mengerti mereka..
  • Tidak meminta orang untuk bersabar, sebaliknya justru bersabar buat mereka
  • Lebih banyak mendengar daripada berbicara, lebih banyak melihat daripada sekedar mendengar, lebih banyak merasakan daripada sekedar melihat.. dan lebih berempati ketika sedang merasakan..
  • Melupakan masa lalu yang buruk, tapi tidak melupakan yang indah
  • Mengurangi prasangka buruk terhadap orang lain, sehingga tidak terlalu cepat mengambil keputusan
  • Mereply sms temen lebih cepat utk menghindari omelan dan biar terkesan care
  • Baca buku minimal sehari sekali, internet minimal seminggu 2 kali, liat berita setiap hari, biar ga ketinggalan info terupdate..
  • Lebih berguna buat bangsa dan cinta tanah air
  • Menjaga bacot agar lebih terlihat mulyana wibawa..
  • Selalu pakai pengaman.. sabuk pengaman maksudnya, kalau lagi nyetir mobil.
  • Dan yang terpenting adalah Benar-benar mensyukuri dan menghargai setiap langkah dan waktu dalam kehidupan gw

Itu aja deh.. kalau ada yang lain ntar saya sambung lagi.. paling tidak sekarang agak lega.. hidup dengan cita-cita dan komitmen yang disaksikan.. mudah-mudahan saya bisa melaksanakannya.. mudah-mudahan Tuhan memberi kekuatan untuk menjalankan niat baik ini.. amin.. hiks..

Terakhir gw mo nyampein permohonan buat blog gw sendiri:

  • Blog ini nampilin artikel-artikel unik yang pernah gw baca ketika browsing, coz LipIDa dah tamat en gw masih ingin banyak berbagi cerita.
  • Bisa UPLOAD FOTO !!!!, Arrggh.. kapan neh bisa upload foto ke dalem blog, uhuh hal simpel kya gitu aja blon bisa, belajar wall.. belajar…
  • SMS-SMS unik yang pernah gw terima.. masuk sini.. o ya, pengennya juga temans sekalian bisa kirim sms gratis via blog ini. whaa.. dahsyat…!
  • Jadwal acara gw selama sebulan *buat apa coba?, sok tenar banged!!* huehehe.. gak juga seh, rencananya sih, da agenda gue pergi ke suatu tempat yang emang pengen banged gw kunjungin.. or sesuatu yang lagi pengen gw kerjain.. yang TERUKUR , TEPAT WAKTU, dan TEPAT SASARAN..
  • Blognya go blog..!! maksudnya bisa berbaur dengan komunitas blog lainnya di blogbugs or komunitas lain, biar gaul gitu loh..
  • Website formal gw di www.zamzamie.4t.com ingin segera di launch, belon sempet juga nih L
  • Info buku, film, or barang bagus, juga da info lowongan kerja buat gw en temen-temen yang berminat

Umm.. berhubung kepengen gw masih banyak, untuk sementara ini gw baru bisa mengabulkan permohonan gw sendiri yang nomer 3, ups.. ternyata amanahku bulan ini (dan bulan-bulan selanjutnya) banyak juga yah.. there is a little mainly.. urutan berdasarkan prioritas:

  1. The Priority à Magang PT. Belfoods Mei – Juni 2005
  2. The Priority à Magang Terusan 1 bulan
  3. PIMNAS XVIII Univ. Andalas, Padang 11 – 15 Juli 2005
  4. PKM Kewirausahaan Saga Tea[M] Mei – September 2005
  5. LipIDa 13 ( special ed ) 16 – 31 Juli 2005
  6. Staf Pengajar Bimbel AMPUH Jika kontrak diperpanjang lagi
  7. SJMP The Movie + Buku Angkatan Mei – Agustus 2005
  8. Panitia LUSTRUM XI SMAKBo 9 September 2005
  9. Steering Comitee HACCP Training 17, 24, 25 September, 1, 2 Okt ‘05
  10. Dan lain –lain seperti: melamar pekerjaan, rencana kuliah ekstensi di MAb-IPB, mencoba macam-macam hobby dan usaha, dan mewujudkan impian….


Wahh… banyak sekali ya, mudah-mudahan gw fokus en komitmen ma prioritas-prioritas yang gw dah susun, dan gw senantiasa diberikan kekuatan oleh Allah untuk dapat mewujudkannya, Semoga dengan kesibukan ini gw bisa menghindari hal-hal yang ga berguna, semakin bisa membuka dan mengembangkan diri agar Khasanah Fikir dan Karya saya lebih berkualitas, bermanfaat buat semua orang. Dan gak bosen untuk selalu bisa nyempetin diri untuk nulis disini., aminnn…

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home