Saturday, July 23, 2005

Pimnas XVIII, The Journey

Wah, dah dua minggu lebih gak posting, dah gitu gak sempet pamitan pula lagi ma pembaca sekalian kemana aja gw 2 minggu ini, hohoho.. berhubung 3 hari belakangan ini gw males banget buat ngapa-ngapain, apalagi buat sekedar nulis blog, uhuh.. gini nih klo kebanyakan santai.. setelah mengumpulkan segenap tenaga, konsentrasi en kekuatan akhirnya semangat gw muncul lagi, yeah.. in this episode you will read my recaps about my PIMNAS trip at Padang last week.. selanjutnya gw bakal balik lagi ke aktivitas semula, magang, laporan, en laporan..

Cerita ini sebenernya bermula dari keberhasilan ups.. keberuntungan gw dalam memenangkan kompetisi lomba poster yang diselenggarakan ma IPB untuk diikutsertakan dalam PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional) ke-18 di Univ. Andalas, Padang. Uhuhu.. lumayan lah, sekalipun judul poster gw merupakan judul PKM kewirausahaan gw yang gagal lolos ke PIMNAS yaitu “Pembuatan Minuman Fungsional Belimbing Wuluh” ternyata mampu bersaing dengan belasan peserta lain di IPB, bersama poster non-ilmiah gw yang bertajuk “apapun makanannya, pastikan makanan anda halal, aman, dan sehat” (hmm.. TPG banget dah) gw bersama 173 kontingen lainnya dari IPB (Tim PKM, LKTM, Poster, Karikatur, Fotografi, en dosen pembimbing) yang merupakan kontingen terbesar dari seluruh universitas peserta PIMNAS berangkat dengan dibagi menjadi 4 kali kelompok terbang, sebelumnya ikut technical meeting dulu 2 kali di rektorat, dimana pada salah satu hari tersebut juga sempet terjadi tragedi di tempat magang gw (uhuhu.. gak usah diceritain lagi deh, panjang..).

Gw berangkat di kloter paling akhir, tanggal 11 Juli 2005, jam 10.30 ngumpul di darmaga, take off dari Soekarno-Hatta jam 15.30, en diperkirakan mendarat di Bandara Tabing, Padang sekitar jam 17.00, trus masuk penginapan deh.. sesuai jadwal hari pertama PIMNAS di ranah minang ini, malemnya jam 19.00 semua peserta kudu ikut welcome party di Pangeran Beach Hotel, mantap..

Tapi gak bakal sedatar gitu ceritanya dengan keberadaan gw, dkk dalam cerita ini (cuih, segitunya, hehe..), yup, gw yang kebetulan menempati barisan paling belakang di bis IPB dalam keberangkatan ke Bandara Soekarno-Hatta, bersama 4 peserta laen dari FPIK membentuk koloni yang cukup rame di bagian belakang, membuat Presma en beberapa tokoh laen yang juga ikut dalam rombongan ini menyempatkan diri untuk bergabung bersama kami ditengah perjalanan menuju Jakarta.

Sampe bandara, gak lupa gw ngehubungin kawan-kawan yang lagi magang di Manday Catering Airport (Nana, Jule, Duma, Tetty), gak nyangka juga ketemu mereka tapi sayangnya pas gw dah di dalem gitu, jadinya mereka dadah-dadah gitu manggilin gw dari luar, berasa banget kaya lagi maen di pelem AAdC pas Gw, eh Rangga di kejar-kejar Cinta sebelum boarding di Airport, nah mirip-mirip gitu deh kejadiannya, (huu.. berasa artis bgt g seh J) akhirnya gw sempet nemuin mereka gitu bentar di luar, nangis-nangisan, eh nggak ding.. foto-foto en cepet-cepet balik lagi ke dalem, coz ini pertama kalinya gw ke airport, jadi takut ketinggalan rombongan gitu deh (huehe… norak bgt dah).

Cerita lucu kembali terulang di waiting room (apalah itu namanya), nunggu pesawat boarding, kebetulan gw en 2 orang temen gw blon dapet ransum konsumsi (Ayam Goreng Fatmawati bow!), sedangkan jatah yang tersisa cuma 2 dus, jadilah kita bertiga makan cepet-cepet (takut ketinggalan lagi) dengan 2 porsi makanan yang tersedia sambil nunggu boarding ditempat yang juga rame ma penumpang laen gitu, uhuh.. nasiib, nasib..

Akhirnya, kita pun lepas landas dari bandara pada pukul 16.00, uhuhu… penerbangan perdana gw neh.. rada deg-degan gitu, tapi gw bersyukur banget dapet kesempetan langka kaya gini, gratisan lagi, o iya, pesawat AWAIR yang gw tumpangin ini mungkin jenis yang low end kali ye, jadinya klo mo makan or minum dalem pesawat gak gratis, pramugarinya double job gitu jadi penjaja makanan keliling gitu, uhuhuh.. mana mahal banget lagi jualannya, VIT yang biasa di jual 500 perak di darat, di dalem sini jadi 3000!, gile gak tuh.. klo da tukang asongan yang jualan disini bisa kaya kali ye J

Pukul 17.00 akhirnya kita mendarat dengan selamat di bandara Tabing, Padang, setelah menempuh perjalanan sejauh kurang lebih 800 km (ngasal), dengan ketinggian 36.000 kaki diatas daratan, tapi sebelumnya pesawat sempet melewati cuaca agak buruk (berawan) gitu sebelum pendaratan, tapi semuanya berjalan lancar koq.. gak kayak rombongan sebelumnya yang sempet landing di Pekanbaru, Riau karena cuaca buruk. Next, setelah beres-beres ngurus bagasi, kita pun dijemput ma panitia pake bis kampus Univ. Andalas menuju penginapan bernama Wisma Bakti Bunda di daerah deket GOR Agus Salim. btw, setelah diliat-liat ternyata bandara Tabing ini gak terlalu luas, dari luar keliatannya kayak terminal bis biasa gitu deh, kecil.

Pukul 18.00 nyampe di penginapan, gw yang sebelomnya lupa ngejamak solat ashar, kelabakan nyari tempat solat, sempet aneh juga, dah jam 6 gini langit masih cerah aja kya masih sore, ternyata magrib disini jam 18.30 lewat gitu, uhuh. Iya, ya.. disini kan lebih barat dari P. Jawa gitu, ya terang aja, siangnya jadi lebih dulu.
Dah mandi, dandan, en beres-beres masukin barang ke kamar, eh nggak ding.. gw blum dapet kamar tuh, jadi masih numpang di kamarnya Yuzar TEP ’39, akhirnya kita sama-sama berangkat ke Hotel Pangeran Beach, terletak di tepi pantai yang kurang lebih jaraknya 1 km dari penginapan kita, disana semua peserta PIMNAS ngumpul untuk ikut acara welcome party yang diadain ma panitia. Yang namanya welcome party buat acara PIMNAS ya gak beneran kya party gitu deh, palingan disini bisa makan sepuasnya dengan menu masakan padang (pedas…), sambutan-sambutan dari panitia, Mendikbud, en Pemda Sumbar, jalan-jalan keliling hotel (FYI, Hotel Pangeran Beach ini termasuk salah satu hotel berbintang di kota Padang), en terakhir nonton kesenian tradisional Minangkabau gitu deh, well.. seneng banget gw klo ngeliat tarian en nyanyian minang gitu, melayu banget. O ya gw juga sempet salaman ma Mendikbud (Bpk. Bambang Sudibyo) en Rektor Unand yang juga menjabat jadi wakil Gubernur Sumbar yang baru kepilih lewat pilkada beberapa minggu yang lalu (lupa namanya), btw berarti gw dalam 2 taon ini dah ketemu en salaman ma dua orang Mendikbud yang berbeda, coz di PIMNAS taon lalu masih Bpk. Malik Fadjar yang menjabat sebagai Mendikbud, cihuy abis, emang bakat jadi pembesar juga neh gw kayaknya J (aminn..)

Acara Welcome party berakhir jam 11 malem, gw termasuk semua peserta laen pulang ke penginapan masing-masing naek bis Univ. Andalas lagi, balik ke penginapan, mandi, cari-cari kamar, solat, kenalan2, ngobrol-ngobrol, SMS-SMSan ma temen-temen di P. Jawa (cailah..), tidur jam 1 malem… sedangkan peserta yang laen di kamar gw berhubung pada mo presentasi PKM besoknya, masih sibuk nyiapin bahan en strategi kemenangan.

Hari kedua (12 Juli 2005)
Hoahemm…. Gw bangun jam 05.30, hah..!! jam 5.30??!! gw blon solat subuh euy, tapi gw liat diluar masih gelap gitu, o iya, kya kemaren lagi neh, rupanya matahari disini juga lebih telat terbit dibanding di Jawa, yasud, akhirnya gw kembali melakukan ritual pagi hari seperti biasanya..

Yeah, jam 6.30 gw ma temen-temen peserta non PKM rencananya mo berangkat duluan ke kampus Unand, coz karya kita blon pada dipasangin gitu di pameran, setelah sarapan pagi pake sambel, akhirnya kita berangkat duluan ke kampus buat nyiapin poster kita, dan untuk pertama kalinya gw menghirup udara kota padang di pagi hari yang agak gerimis gitu (caelah…), perjalanan ke sana memakan waktu cuman setengah jam, padahal letak kampusnya tuh diatas bukit gitu, bukit Limau Manis namanya, kalo dari bawah ngeliat ke sana gitu, gedung rektorat yang paling keliatan dari bawah terlihat kya markas power rangers gitu deh, beneran, mahasiswa Unandnya sendiri bilang kya gitu, coz emang bentuk gedungnya yang rada-rada ekstrim.

Sampe kampus jam 7.00 gw mondar-mandir ke dalem auditorium rektorat nyari space buat nempel poster gw, cuman dapetnya tempat yang rada terpencil gitu, abisan space yang laen dah keisi ama peserta laen, yasud, setelah itu gw sempet bantu-bantu tim stand pameran IPB en gak lupa bikin liputan kesana-kemari berdua ma rekan gw (Rades Wandri) yang selalu mendampingi gw kemana aja, kebetulan dia peserta poster juga (non-ilmiah), mahasiswa Ilkom ’38 asal Payakumbuh, Sumbar. Taon lalu di PIMNAS Bandung, dia berhasil jadi juara 3 web design, berhubung di Padang ini gak diadain lomba serupa, akhirnya dia ikutan lomba poster juga kya gw, lumayan bertualang bersama dia dapet banyak kenalan baru en banyak belajar kosa-kata bahasa minang.
Pembukaan PIMNAS jam 08.00 seperti biasa diisi ama sambutan-sambutan en kesenian tradisional kaya kemaren malem, gw dengan cihuy berhasil mengabadikan beberapa momen bagus disini make camcorder gw, acara berlanjut dengan peninjauan pameran ama menteri, gw seh cuman keliling-keliling aja ngeliat-liat karya PKM orang laen, nyobain produk gratisan, kenalan-kenalan ma orang cakep, ups.., ya pokoknya kenalan ma sapa aja dari universitas mana aja, liat pertunjukan-pertunjukan, foto-foto, dsb. Gak da yang istimewa buat di ceritain disini, paling gw menilai pelayanan en fasilitas disini agak kurang klo dibandingin ma perhelatan taon lalu yang gw ikutin juga di STT Telkom Bandung, contohnya kya kesiapan, pelayanan informasi, fasilitas peserta, space buat pameran, en estetika pelaksanaan kegiatan yang keliatannya kurang siap aja.. mm.. gw juga nungguin juri yang bakal ngasi penilaian, tapi koq ga dateng-dateng yah, apa kelewat?

Sorenya gw mo balik ke penginapan lagi coz ga da kerjaan, eh ga dibolehn gitu ma panitia, coz ga da bis yang ngangkut kita kesono, jadinya gw kudu ngikutin acara ampe jam 9 malem, coz peserta laen masih da yang mesti presentasi ampe jam segitu, uhuhu.. ya, setelah capek keliling-keliling, gw diajak ngeliat pemandangan keren banget dari atas bukit, dimana kita bisa ngeliat pegunungan, bukit barisan, en pantai padang sekaligus dari halaman rektorat, wah, subhanallah banget deh pokonya.

Malemnya, setelah puas keliling-keliling kampus yang luas totalnya mencapai hampir 3 kali luas IPB, gw ngumpul-ngumpul ma anak panitia gitu di tenda yang menghadap panggung, ngeliat tukang sate padang gw jadi kepengen makan, tapi pengen ngehemat duit, akhirnya gw ma temen gw tadi ngajak taruhan traktiran ma panitia dengan cara tebak-tebakan pake bahasa minang en bahasa sunda, terang aja kita menang coz temen gw tadi emang orang minang asli, ya jelas aja jadi tau tebakan-tebakan pake bahasa minang, hehe.. akhirnya kita berame-rame makan malem tambahan pake sate padang deh.. pulang jam 9 malam..

Hari ketiga (13 Juli 2005)
Well, masih sama aja kya kemaren.. gw cuma keliling-keliling di pameran yang emang cukup luas gitu, tapi cuman ampe jam 3, coz gw diajakin jalan-jalan ke Pantai padang sore hari ini ma Radesh yang ngajak temen-temennya anak Unand, cihuy.. jadi juga neh bertualang mengarungi kota di tepi pantai ini. Yup, coz jalannya cuman berempat jadinya kita bener-bener kya perjalanan biasa gitu, naek angkutan umum en jalan kaki, beda banget klo jalan ama rombongan gede pake bis, gak bisa ngalamin kebebasan kaya gini, jadi gw mo kemana aja terserah, asal ada ongkos pulang perginya… gw juga jadi sempet jalan-jalan di pasar tradisionalnya, mal gede yang da disana, en pemukiman penduduk, satu hal yang gak gw bisa dapetin klo jalan rame-rame.

Jam 5, kita berlima sampe di tepi pantai padang, menikmati sunset sambil makan jagung bakar, sejenak melupakan masalah-masalah yang ada saat itu, sambil tetap berharap yang terbaik…

Tapi pas pulang ke penginapan, berhubung kita pulang lebih dulu dari peserta yang laen, akhirnya gw gak bisa masuk kamar karena koncinya di bawa mereka, uhuhu.. gpp seh, sebelumnya gw juga sempet mampir-mampir ke tempat makanan khas gitu, makan martabak kubang ma teh telur, umm.. nikmat abis..

Hari keempat (14 Juli 2005)
Dari kemaren emang gw en Radesh dah ngerencanain bahwa hari ini pengen jalan-jalan lagi ke Kota Bukittinggi, daerah yang punya tempat wisata paling banyak di Provinsi Sumbar ini, kali ini kita jalan berlima, dengan tambahan 2 teman dari Unand en satu lagi dari peserta non PKM IPB juga yang ikut lomba karikatur, namanya Edo Jendra (INMT ’41).
Sebenernya rombongan IPB juga pada mo berangkat ke Bukittinggi, tapi seperti kemaren lagi gw lebih enjoy klo cuman berlima kya gini, lebih santai aja klo kemana-mananya, tapi karena Panitia gak bisa nyediain bis buat ke luar kota, jadinya mereka berangkat pake bis umum, eh bener aja perjalanan mereka lebih terhambat coz mesti 5 kali berurusan ma polisi di tengah jalan.
Sedangkan perjalanan gw kesana pake angkutan umum, dengan ongkos kurang lebih Rp. 30.000, pake nyarter mobil segala, ya kalo diBogor bisa disamain kya naek L300 jurusan Bogor-Sukabumi/Cianjur gitu, tapi mobil di sana keren-keren, kita aja naek Mitsubishi Kuda yang model baru gitu, dengan kecepatan rata-rata bisa sampe 80 km/jam, diperkirakan perjalanan ini akan memakan waktu 2 jam lebih..

Perjalanan ke Bukittinggi jalannya berliku-liku gitu, indah banget, ngelewatin perbukitan yang ditepinya ada sungai en air terjun gitu, rupanya gw ngelewatin daerah terkenal yang namanya Lembah Anai, itu loh gambarnya yang suka da di tipi klo mo udahan gitu, yang diiringi ma nyanyian “Tanah Airku”, well, gw juga sempet tidur selama perjalanan, abisan cape banget dah 4 hari disini, kerjaan cuman jalan-jalan doank J ya asik lah..

oh, damn.. masih banyak yang blum gw ceritai di hari ke empat en kelima, padahal seru loh, mm.. gak penting juga kali ya? yo weis gpp, tapi sorry neh blum bisa gw lanjut lagi ceritanya coz dah ngantuk berat.. hoahemm.....

PS:

• BTw, dah ga da lagi neh yang rela ngisi komen buat gw lagi , uhuhu.. sedihnya…
  • Selanjutnya apa ya? O iya.. penghuni aquarium di kamar gw dalam sebulan ini dah berganti sebanyak 4 kali, yang pertama coz gw kebanyakan kasi empan ikan, akhirnya aquarium gw butek en ikannya modar deh L, kejadian kedua, coz miara ikannya kebanyakan, jadinya pada modar lagi L, ketiga, gw beli lagi ikan-ikan murah, eh gak taunya yang gw beli kayaknya gak pantes banget buat jadi ikan hias, wong mirip ikan buat umpan gitu, ganti lagi, en yang terakhir pas gw pulang dari Padang kemaren, gw liat ikannya tinggal 2, kyaa.. katanya sih, yang laen pada koit gitu gara-gara da kamper masuk kedalem aquarium gw pas gw pergi, uhuhu..
  • da yang lagi BT kya gw sekarang?? huah, lagi jenuh banget neh gw... gw blon bisa cerita apa yang gw lagi alamin sekarang, maybe later